Tags

, , , , , , , , , ,

Daging

Mengkonsumsi daging setiap hari biasa kita lakukan, ada yang dipotong di pasar langsung, di supermarket, dan ada yang memotongnya sendiri dirumah. Untuk memotong daging, kita harus memperhatikan tata cara nya agar tidak melanggar syariah Islam dan mengubah daging dari binatang yang halal itu menjadi makanan yang haram dikonsumsi.

Allah berfirman di surat Al-Maidah ayat 3:

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini  orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Cara menyembelih hewan yang sesuai dengan ajaran islam adalah sebagai berikut:

  1. Daging yang dikonsumsi haruslah berasal dari binatang yang diperbolehkan menurut Islam
  2. Hewan yang disembelih menghadap ke kiblat
  3. Dipotong lehernya menggunakan pisau, atau benda lain yang sangat tajam sehingga prosesnya cepat dan tidak terlalu sakit, (binatang seperti manusia mereka juga bisa merasakan sakit).
  4. Pemotongan harus memotong 4 arteri utama yaitu: arteri jugularis, makanan, vena, udara.
  5. Dipotong saat masih hidup, tidak dalam keadaan mati/tidak sadar/dimabukan terlebih dahulu
  6. Pemotongan dilakukan seorang muslim dengan menyebut nama Allah
  7. Tidak boleh menggunakan senjata pistol karena ini dapat membunuh hewan sebelum jantungnya memompa seluruh darah keluar jantung.

Sumber : Halal choice, Islamic Guidelines, Al-Islam