Oven Tangkring, Gas, atau Elektrik?

Oven digunakan untuk membuat berbagai tipe masakan, untuk itu kita harus kenal tipe oven yang bisa mengakomodir semua kebutuhan kita, karena investasi di pembelian oven tidaklah murah. Contoh ada oven yang bisa membuat cake dan panggangan tapi tidak bisa convection, sehingga tidak bisa membuat kue kering, pie, pastries sebaik yang kita harapkan. Hal ini tidak akan jadi masalah kalau pengguna ovennya tidak suka memasak makanan-makanan tersebut.

 Walaupun kebutuhan setiap rumah tangga berbeda dengan lainnya, tetapi rata-rata sebagai konsumen kita mau alat rumah tangga yang bisa mengakomodir berbagai kebutuhan, walau pada kenyataannya mungkin tidak kita pakai juga. Well it’s human, kadang kita berpikir “sekarang ga suka / ga bisa, siapa tau nanti mau coba kalau ada kesempatan” hehehe..

Untuk itu saya coba mengumpulkan beberapa ilmu mengenai tips pembelian oven yang saya dapat dari browsing, tanya-tanya kanan kiri dan pengalaman pribadi. Kebetulan saya juga cari oven untuk dirumah dan pernah salah beli, jadi biar ga diomelin suami kedua kalinya saya harus research bener2 kayanya kali ini hehehe..

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih antara oven tangkring, gas atau elektrik. Pada dasarnya ketiganya bagus dan bisa saja digunakan, tentu kita harus pintar-pintar memilih tipe sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan dan kantong kita:

Oven Tangkring: 

  1. Biasa disebut Otang, harganya cenderung murah dibandingkan dengan oven listrik dan oven gas. Pemakaiannya diletakan diatas kompor biasa, sehingga pengaturan suhu harus menggunakan besar api kompor.
  2. Oven ini dijual dengan berbagai tipe, ada yang menunjukan suhu oven ada yang tidak, tapi tetap kita harus berinvestasi di thermometer oven untuk tau pasti suhu didalam oven berapa karena terkadang suhu didalam oven lebih rendah dibandingkan yang diperlihatkan di pengaturan suhu diluar oven.
  3. Ada berbagai macam merek otang, Hock, Bima, punyaku lupa merek apa. Tidak menunjukkan suhu didalamnya, oven ini untuk pemula cukup handal, otang ini cukup berjasa membuat cake, kue kering, brownies, schootel dan aneka makanan lainnya.
  4. Menggunakan otang agak repot karena harus benar2 diperhatikan masakan kita jadi kita tau kapan harus merotasi Loyang
  5. Kita juga harus perhatikan kapan masakan selesai matang sesuai resep, kenapa? Karena lama waktu memasak tidak bisa sama persis dengan yang ditulis dibuku, walau sudah ada thermometer oven. Saya juga agak heran untuk hal ini, sepertinya karena panasnya tidak merata.
  6. Untuk menghasilkan masakan yang memerlukan panas atas seperti lapis legit, bisa membeli otang yang ada cekungan diatasnya untuk menaruh arang sehingga panasnya ada dari atas. Untuk kalian yang suka bikin masakan yang membutuhkan panas atas, pastikan tanyakan ini sama mba2 penjualnya yah..

 Oven Gas:

  1. Oven gas tidak membuat masakan jadi kering seperti oven elektrik (kecuali oven listriknya ada kipas didalamnya), jadi ideal untuk membuat daging panggang, casseroles, dan cake berat yang membutuhkan kelembapan.
  2. Oven gas biasanya lebih panas di bagian atas daripada bagian bawanya, apabila kita membeli oven yang tidak menggunakan kipas didalamnya, harus rajin2 memindahkan Loyang agar hasil masakan tetap sama. Tapi hal ini juga berarti kita dapat menggunakan oven tersebut untuk berbagai tipe makanan, missal kita memanggang daging dan kentang, setelah beberapa lama memanggang daging kita dapat memindahkannya kebagian bawah, lalu memanaskan lagi oven kita dan menggunakan bagian atas tadi untuk membuat kentang jadi garing..
  3. Tidak ada panas langsung dari bagian atas oven gas (kecuali menggunakan internal grill) jadi hasil untuk makanan yang membutuhkan warna coklat dan garing dibagian atas tidak sebagus jika kita menggunakan oven elektrik yang bisa diatur panas atas.
  4. Kadang suhu didalam oven gas tidak sesuai dengan yang kita inginkan, sehingga harus berinvestasi di thermometer oven. Range harga oven gas ini berbagai macam ada yang murah dan ada juga yang mahal.
  5. Oven Gas ada yang berdiri sendiri dan ada yang bergabung dengan kompor, ini cukup hemat tempat utnuk yang punya dapur kecil, kaya dapurku hehehe….

Oven Elektrik:

  1. Dulu oven elektrik punya reputasi memasak lebih lama dibandingkan oven gas untuk memasak, tapi oven-oven elektrik sekarang sudah berkembang dan hal ini menjadi tidak relevan lagi.
  2. Banyak oven elektrik yang multifungsi, kita dapat menggunakan pemanas atas, bawah, kombinasi atas bawah, panggang, dan beberapa menyediakan elemen belakang dan kipas untuk mengakomodir kebutuhan memasak, memanggang kue, dan memanggang makanan, jadi oven elektrik lebih fleksibel dibandingkan dengan oven gas.
  3. Penggunaan pengukuran suhu digital yang banyak ditemukan di oven elektrik membantu dalam proses memasak sesuai kebutuhan resep kita.
  4. Ada beberapa oven elektrik yang tidak cukup ramah dengan biaya listrik dirumah, jadi harus hati2 memilih oven elektrik dengan watt yang kecil.
  5. Range harganya lebih murah dari oven gas, tapi lihat kegunaannya, apakah cukup mengakomodir kebutuhan kita? Pengalaman ku kemarin beli oven elektrik yang bis sekaligus microwave, tapi tidak detail menanyakan pengaturan suhu dan ternyata tidak convection, sehingga ga bisa bikin kue kering juga. Hasilnya oven itu aku pakai untuk fungsi microwavenya saja untuk memanggang cake dan kue kering aku pakai otang.

Sumber: Choice Oven Review , Cake Fever.

About these ads

32 thoughts on “Oven Tangkring, Gas, atau Elektrik?

  1. Mb aku mau cari oven listrik bagus convection, murah tapi gak makan listrik besaar kira2 merk apa ya mb.

    • Hi Emily,

      Hmm.. murah atau mahal itu relatif.. jd aku sarankan coba kunjungi beberapa online store untuk cek2 harganya atau coba datang ke best denki atau electronic store di sekitar rumah.. karena pada dasarnya oven yang memiliki menu convection itu lebih mahal dari pada oven biasa.. Yang jelas dalam memilih oven listrik perhatikan beberapa hal yah:
      1. Komponen pemanas bawah, ketika menu oven dijalankan apakah menggunakan komponen microwave/gelombang mikro? beberapa oven yang bisa menu microwave (atau microwave yang bisa menu oven) menggunakan ini, apabila iya, kita tidak bisa menggunakan loyang yang berasal dari alumunium.
      2. Kapasitas yang ditawarkan, ada oven convection yang besar dan ada juga yang kecil. sesuaikan dengan kebutuhan kita, karena besarnya oven dapat mempengaruhi konsumsi listrik apalagi harganya. Selain itu ada beberapa oven listrik (biasanya sekaligus microwave) menggunakan piring berputar dan tidak mengakomodir rak pemanggang, hal ini akan menimbulkan keterbatasan dalam menggunakan besar loyang pada saat memasak.

      Semoga dapat membantu Emily…

  2. hai mbak, saya juga berminat menanyakan hal yang sama…beberapa hari lalu saya ingin membeli oven listrik namun bingung dengan berbagai penawaran di dalamnya, misalnya panas api bawah, atas, blowe etc bisa minta tolong dijelaskan mbak, api atas untuk apa, bawah, blower, karena saya ingin membuat cake, caramel custard, puding roti, atau panggang ayam, kira2 yang harus saya perhatikan apanya ya mbak, terimakasih..

    • Hi Nisak,

      Pada dasarnya dalam memasak menggunakan apapun dlm oven menggunakan api bawah, untuk bikin cake, custard, dan panggang ayam menggunakan api bawah hingga adonan matang. Dalam berbagai resep ketika dibilang “panggang di oven” itu artinya hanya menggunakan api bawah saja, kecuali disebutkan lain. Api atas digunakan untuk mencoklatkan masakan, misal untuk memanggang ayam agar bagian atasnya coklat nyalakan api atas di akhir proses memasak. Api atas juga digunakan untuk memasak kue seperti lapis legit. Blower dalam oven digunakan untuk meratakan panas di dalam oven, sehingga bila memasak menggunakan beberapa rak di dalam oven panasnya merata dan kita tidak perlu menukar loyang ke atas dan kebawah terlalu sering. Blower juga menjadikan proses memasak lbh cepat drpd yang dianjurkan sekitar 15-20% lebih cepat. Semoga cukup menjelaskan ya mba.. :)

  3. Di jual Oven Microwave berKapasitas Besar di Jakarta

    Apakah anda membutuhkan Oven Microwave berKapasitas Besar ? Kebetulan Kami punya Oven Microwave berspesifikasi sb :
    Merek : Usatech Model : MicroStar 850DG23R
    Berat : 16,1 Kg Kapasitas Isi : 23 Liter
    Daya Listrik : 220 V – 50 HZ,1000 W ( Oven Grill/ panggang), 220 V – 50 HZ,1200 W ( Oven Microwave)
    Daya Memasak : 850 W untuk Microwave
    Alas : Piringan putar berdiameter 314 mm
    Kami sekarang sangat butuh uang utk membantu salah 1 Oom Kami yang lagi sakit parah di Lampung jadi Oven ini akanKami jual secepatnya.Siapa cepat dia dapat,pembelinya kami yakini dermawan yg senang beramal pada Oom Kami.Guna peroleh info detail Oven silakan peminat serius hubungi Kami via Telepon : 021 3916256
    Perlu semua ketahui Oven Kami ini sejak beli belum sempat Kami gunakan & sekarang harus Kami jual akibat butuh uang guna turut membiayai Oom Kami yang sakit parah.

  4. Hai mba, aku pengen bikin lasagna nih. Cocoknya pake oven yang gimana yah. Blm punya oven :D :D

    • Hi Indah,

      Untuk bikin Lasagna (cake, ayam panggang, custard, dll) bisa pakai apa saja.. saya pernah pakai oven tangkring pun bisa.. Perbedaannya kalau pakai oven tangkring kita harus lbh sering tengokin, karena kemungkinan oven itu panasnya tidak merata.. Intinya adalah, kenali oven kita.. Setiap oven, sama jenis beda merek atau bahkan sama persis model nya bisa berbeda panas dan penyebaran panasnya.. saran saya sih berinvestasilah di thermometer oven, karena panas yg ditunjukan thermometer oven yg paling akurat…

      Semoga sukses lasagna nya yah..

  5. Mba, aku mau tanya, ketika memilih oven gas yg ingin dibeli, apakah harus pilih yg ada fan/kipas nya? Oya, td mba ada menyebutkan membeli oven listrik yg ada menu convection nya, apakah demikian hal nya dengan oven gas?

    • Hi Sandy,

      Untuk memilih oven sebaiknya yg sesuai kebutuhan, kipas di oven gas dapat membuat pie dan pastry kita mengembang sempurna (apabila suka memasak pie atau pastry saya sarankan membeli yg ada kipasnya untuk hasil yg sempurna). Untuk memasak pasta dan cake tidak perlu menggunakan kipas di oven, hanya menggunakan api bawah saja.
      Begitu juga dengan oven listrik, menu convection itu berfungsi sama dengan kipas pada oven gas, menyebarkan panas, dan sekaligus mengurangi waktu memanggang.

      Semoga cukup dapay menjelaskan yah..

  6. Mbak…saya mau tanya, saya baru aja beli otang merk hock saya kaget kok ada tempat arang atas, sempat mau saya tuker tp takut ga boleh sama tokonya…saya msh bingung cara pakainya katanya lebih baik di tangkringin di kompor minyak drpd kompor gas, apa benar bgitu?alasanya kenapa ya?kmdn sy disarankan pakai kain tebel buat ditaruh ditempat arang biar pnasnya stabil, tp caranya gmna ya?..mohon dibantu ya mbk makasih

    • Hi Wiwik,

      Saya dirumah pernah pakai otang diatas kompor gas biasa.. tempat arang yang diatas itu gunanya untuk api atas, jadi bila membutuhkan api atas kita taruh arang di tempat itu.. agar panas ovennya stabil memang disarankan menaruh kain di atas otang, tapi selama ini saya tidak pakai kain sih oke2 saja.. asalkan kita pantau insyaallah kita bisa deteksi apabila memang perlu merotasi loyang saat memanggang..

      Semoga membantu..

  7. hay mba

    aku mau bikin kue bolu gulung dan nastar nih tapi aku ga punya oven nya. selain pake oven pakke apa ya mba ?

    • Hi Vevi,

      Untuk bikin bolu bisa di kukus.. gunakan resep bolu kukis yah.. sedangkan untuk kue kering tidak bisa menggunakan selain oven sayangnya..

  8. mbak,saya baru aja membeli oven elektrik,khusus kue dan roti, merk media type MTO 18CEV,tp blm sempat saya pakai dengan besar daya 950 watt, tegangan 220/240V-50/60HZ, UK Produksi 432x378x230mm.apakah dapat membantu membuat kue kering dan renyah? dan apakah memberatkan biaya listrik rumah? karena saya ingin memulai usaha kecil2an membuat kue kering,..mohon bantuan informasinya ya mbak ..makasih sebelumnya…

    • Hi Ennie,

      Pada dasarnya oven adalah alat bantu dalam membuat kue, yg paling penting adalah resepnya.. insyaallah kalau resepnya bagus dan kita terus berlatih membuatnya rasanya pun akan semakin baik.. untuk jualan kue kering bisa dicoba menggunakan oven tersebut.. jangan lupa peningkatan biaya listrik di rumah harus dimasukan ke perhitungan harga pokok yah.. semoga sukses yah say..

  9. Mbak saya juga mau nanya
    Sy mau beli oven listrik , mbak saya ingin th perbedaan oven listrik yg kecil dan oven listrik yg besar ? Sy pingin beli yg kecil tp takut nya nyesel stlh beli , tujuan saya utk cake n cookies mbak
    Dan saya jg pemula br mulai mau buat kue sendiri

    • Hi susie,

      Untuk oven listrik yg kecil dan besar perbedaannya adalah konsumsi listrik dan tentu saja kapasitas panggangannya.. semakin besar oven semakin membutuhkan daya yg besar untuk memanaskannya.. nah untuk penggunaan pribadi dan pemula saya sarankan gunakan yang volume nya sekitar 25L-30L an jangan yg terlalu kecil atau malah terlalu besar dulu, oven besar biasanya digunakan untuk produksi.. kalau oven terlalu kecil ketika memanggang cookies harus menggunakan loyang yg kecil dan berkali2 sehingga lebih boros listrik dan memakan waktu kerja lebih banyak..
      semoga menemukan yg sesuai yah say..

  10. Mbak, sy sedang merenov dapur & ingin membeli oven gas. tp sy bingung lbh baik beli oven gas yg gabung dgn kompor atau yg terpisah ya? Mohon masukannya.. tks..

  11. Aslm,aku pemula ni mbak pengen belajar u/ membuat kue. Kalo pemula bagusnya pake listrik atau yg kompor yah. Mhn d jwb yah. Mksh

    • Hi Dewi,

      Oven listrik adalah oven yg paling mudah digunakan.. hanya tinggal pencet tombol sesuai petunjuk resep lalu panggang… tp apapun yg km punya baik gas atau listrik kenali oven mu dengan baik.. maka insyaallah sukses bikin kue nya… selamat memanggang kue say.. :)

  12. mbak saya berkeiginan membeli oven gas, setelah saya searching digoogle ada liat ada orang menjual oven + kompor (oven standing) merk italina alba dengan harga 1,2 jt kira-kira bagus tidak mbak ya karena barang baru harganya sangat murah saya jadi ragu, kalau ada referensi toko oven standing dijakarta ya mbak

    • Hi Qarin.. mohon maaf saya baru dengar merek italina ini.. jd blm bs bantu.. kl cari oven standing coba dicek apakah service nya mudah dan dekat rumah? update yaah bagaimana freestandingnya..

  13. mb, klo pake otang bs g kt masukin 3 loyang adonan cake sekaligus, kan rakny ada 3 tuh, trs aq jg pny oven listrik merk national tp wkt d gunakan buat bkn kuker panasny d set sesuai resep koq malah hangus y, mksh

    • Hi Mba Sumarni.. untuk baking menggunakann oven manapun lebih baik menggunakan rak yang tengah karena waktu memasak yg kita habiskan hampir sama. contoh : memasak di rak tengah 15 menit, memasak dengan 3 rak sekaligus menghabiskan waktu kurleb 45 menit.

      untuk lama memanggang kita tdk bisa berpatokan dengan waktu yg ada di buku atau resrp, karena setiap oven itu berbeda, sebaiknya kl bisa kita berinvestasi di termometer oven, untuk mengetahui suhu yg ada di dlm oven tepatnya berapa. saran saya adalah mengurangi waktu panggang dr yg disebutkan di buku arau resep beberapa menit.. lalu sesuaikan dengan kematangan masakan saat itu..

      • mba…aq juga lg merintis usaha kue ni, n lg searching beli oven. mohon recomen’nya untuk merk n type oven gas yg bgus scara kualitan maupun harga,,hehehe

  14. Mbak….. aku baru cari microwave yang bisa sekaligus buat panggang cake, atau buat kue sus dll, adakah itu, kalau ada spesifikasinya yang seperti apa ya. takutnya pas beli ditoko pelayannya atau penjaganya kurang menguasai jenis barang yang ditawarkan, terima kasih mbak… ditunggu jawabannya

    • hi triana, bisa coba Sh*rp.. yg saya pernah pakai Sh*rp Heals*o, saya pernah kursus masak menggunakan oven micro merek itu hasilnya bagus.. coba cari seri yg bisa convection sih intinya.. dan pastikan kl micro oven itu bisa masuk loyang alumunium.. semoga membantu..

  15. Assalamu’alaykum mbak Metya..ikutan nanya nih..memangnya kalo oven listrik micro gαk bisa pake loyang aluminium ya? Pdahal tadinya aq mau tambah sendiri loyang alumunium supaya. bisa bake kue lebih byk sekaligus **hemat listrik :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s